Dengan memberikan warna cat  yang tepat kepada pagar besi rumah kita, selain membuat tampilan rumah terlihat lebih menarik, juga membuat pagar besi rumah menjadi lebih awet karena lenyapnya karat yang menempel yang membuat suasana kusam dan bahkan bisa menjadi penyebab kerusakan pagar rumah.

Berikut ini adalah tips mengecat pagar agar bebas karat yang bisa Anda lakukan baik sendiri, maupun bersama anggota keluarga lainnya, di akhir pekan atau liburan. 

Pertama kali adalah siapkan peralatan yang akan digunakan dalam pengecatan pagar besi rumah. Antara lain sarung tangan pelindung, masker, ampelas, sikat kawat, koran untuk alas, painter tape, warna cat primer dan cat anti karat. Tentunya juga dilakukan saat hari cerah, yaitu di musim panas.

Sekarang gunakanlah ampelas dengan pasir medium-grit untuk menggosok permukaan besi sekaligus menghilangkan karat yang menempel. Ampelas ini juga cukup efektif menyingkirkan cat lama yang sudah mengelupas. Pada bagian-bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan dengan ampelas, pakailah sikat kawat atau sikat yang dilapisi ampelas medium-grit.

Setelah dirasa cukup untuk proses ampelas, dilanjutkan dengan persiapan proses pengecatan. Jangan lupa untuk membersihkan dulu sisa-sisa ampelas dengan kain agar tidak mengganggu dalam proses penegecatan nanti.

Sebelum proses pengecatan, sediakan koran di bagian bawah pagar sebagai alas untuk menadah tetesan cat. Kemudian gunakanlah juga painter’s tape untuk melindungi bagian dinding tempat pagar menempel atau bagian-bagian lain agar tidak terkena cat. Lanjutkan dengan pengolesan antikarat pada pagar dan tunggu sampai antikarat mengering sempurna sesuai instruksi yang tertera pada kemasan antikarat tersebut.

Sebagai alternatif, juga bisa menggunakan cat besi yang mengandung formula antikarat. Selain sebagai lapisan cat primer, sekaligus juga sebagai cat finish yang diformulasikan khusus dalam satu kemasan. Namun, apabila Anda memilih cat khusus antikarat, tunggulah sampai benar-benar kering sempurna. Setelah itu, mulailah mengecat dengan cat primer dari bagian atas dan perlahan-lahan hingga bagian bawah. Bila Anda menggunakan cat semprot, pastikan memegangnya dengan tepat untuk memberikan jarak yang pas antara cat semprot dan pagar, supaya cat tidak menumpuk dan menetes sehingga merusak keaslian cat pagar rumah Anda.

Setelah selesai mengecat, jangan lupa untuk menutup dulu area di sekitar pagar, agar tidak ada orang yang tanpa sengaja merusak hasil cat Anda. Setelah cat sudah benar-benar kering, maka penutup dan painter’s tape bisa disingkirkan.