Harga tanah yang semakin naik dari waktu ke waktu membuat pengembang berinovasi untuk membangun rumah minimalis yang kompak agar mengatasi keterbatasan ruangan rumah. Hal ini juga menciptakan tantangan dalam perencanaan desain interior ruangan rumah yang cenderung sempit, agar lebih efisien.

Berikut ini adalah 5 cara siasati ruang sempit dalam rumah yang bisa Anda terapkan.

  • Siasati Dengan Pencahayaan

Ventilasi dan jendela adalah tempat masuknya sumber cahaya, selain penggunaan lampu listrik. Dengan masuknya sumber cahaya yang seimbang, maka penyebaran cahaya akan lebih merata dan ruangan terlihat cerah serta lega. Jangan lupa, tambahkan juga cermin gantung yang dapat membantu meningkatkan efek penyebaran pencahayaan.

  • Siasati Dengan Ukuran Perabotan Rumah

Jangan sekali-kali menggunakan ukuran perabotan dengan skala yang sama dalam menyiasati ruangan sempit, karena akan terlihat monoton dan makin sempit. Lebih baik, campurkan perabotan dengan skala yang berbeda, agar kesan ruangan lebih lega. Contoh memakai sofa untuk pondasi skala besar di campur dengan kursi kayu yang lebih kecil dan meja yang standar minimalis.

  • Siasati Dengan Ilusi Mata

Ada baiknya menghindari untuk tidak selalu menutup dinding ruangan sempit dengan perabotan. Cobalah bereksperimen dengan menempatkan rak buku terbuka atau rak gantung, sehingga dinding belakang akan terlihat dan seakan-akan ruangan menjadi lega.

  • Siasati Dengan Perabotan Berkaki Panjang

Dengan memilih perabotan ruangan berkaki panjang, seperti meja samping, meja makan, maupun kursi ruang, maka ruangan akan terlihat seluruhnya tanpa ada gap.

  • Siasati Dengan Pola Ruangan

Dengan memperhatikan pola ruangan sempit dalam pemilihan cat dinding, pemilihan karpet hiasan, pemilihan lemari dan kursi, maka akan terlihat pola yang saling melengkapi antara perabotan dan pernak-pernik dengan pola ruangannya.